Monday, April 5, 2010

QUALITATIVE INTERVIEW ASSIGNMENT

PENGARUH SIFAT HEDONISME TERHADAP TINGKAH LAKU MAHASISWA DI JAKARTA

METHOD. OF COMMUNICATION RESEARCH II ( QUALITATIVE )



KEY INFORMAN 1

NAMA : ANDREAN TUGIANTO
UMUR : 21 TAHUN

1. X :" Apa yang membuat anda merasa bahwa anda adalah salah seorang yang mem;punyai gaya hidup hedonisme?"

Y :"Karena menurut saya lifestyle itu sangatpenting! saya selalu memperhatikan style saya kemana pun saya berada, agar semua orang merasa wah ketika melihat saya. ( sambil mengambil sebatang rokok dan mulai menyalakannya )

2. X :" Menurut anda apa yang membuat gaya hidup Hedonisme menjadi sangat merajarela?"

Y :" Pergaulan! ( dengan mata melotot ) mungkin banyak yang melihat majalah fashion yang dimana mau merubah dan juga melihat penampilan penampilan yang ada dan juga lingkungan sekitar ( sambil tertawa )"


KEY INFORMAN 2

NAMA : ALEX

UMUR : 24 TAHUN

1. X :" Biasanya berapa bugdet yang dikeluarkan untuk gaya hidup anda dan untuk apakah pengeluaran yang terbesar?"

Y :" Hmm ga tentu seh tergantung keperluan gua, sekitar 10 - 30 juta ( sambil tertawa ) pengeluaran gua yang paling besar biasa buat beli beli dompet, sepatu. ( sambil menunjukkan dompet yang ada di atas meja )"

2. X :" Dimana biasanya kalangan Hedonisme menghabiskan waktu?"
Bulleted List
Y :" Didaerah Kuningan salah satu tempat tongkrongan favorit gua berinisial "L" ada juga di daerah pusat berinisial "SH" gua biasa nghabisin banyak duit disana ( dengan membuang puntung rokok dan sambil tersenyum )


ANALISA

  • Uses and gratification adalah teori yang memfokuskan pada penggunaan ( uses ) isi media dalam hal ini medianya adalah dompet, sepatu, dll untuk memperoleh pemenuhan ( gratification ) atas kebutuhan seseorang.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kebutuhan Andrean dan Alex dalam gaya hidup hedonisme sangatlah besar, keinginan untuk selalu terlihat oke adalah salah satu dasar yang sangat diutamakan. meskipun itu mem butuhkan pengorbanan yang sangat besar dengan pengeluaran yang extra cukup besar, seperti membeli barang barang dan hal hal lain nya yang dibutuhkan. Media tersebut menjadi pelampiasan atau dasar untuk memenuhi citra dan meningkatkan status mereka. " NAMUN SEBENARNNYA ADA BEBERAPA MOTIVASI YANG MENDUKUNG SESEORANG DALAM PENGGUNAAN MEDIA ANTARA LAIN DIVERSION, SIRVEILLANCE, PERSONAL RELATIONSHIPS, PERSONAL INDENTIFY ( DENNIS MCQUAIL ).


KESIMPULAN


Dapat disimpulkan bahwa tingkat Hedonisme Andrean & Alex sudah sangat mengikat, hal ini dapat dilihat dalam persepsi mereka yang dimana menganggap bahwa segala sesuatu nya haruslah "GAYA" . Mereka menganggap bahwa selalu tampil oke dan stylish adalah sesuatu yang sudah hukumnnya. Untuk Alex & Andrean status yang tinggi adalah sesuatu yang berharga di atas segala sesuatunya.

No comments:

Post a Comment